Laman

Jumat, 29 Maret 2013

Bagaimana Membenahi Hukum Ekonomi di Indonesia




Bagaimana Membenahi  Hukum Ekonomi di Indonesia ( Agar Investor Asing mau Menanamkan Modalnya )

Indonesia memiliki potensi besar untuk menuju kemajuan dalam Globalisasi, ada suatu kutipan dari orang singapura dia berkata “Indonesia Doesn’t Need The World. But, The World Need Indonesia”. Kenapa Investor asing diperlukan, agar ketergantungan yang terjadi di Indonesia tidak berlebihan. Jika Indonesia telah tumbuh menjadi negara yang mandiri, bukan mustahil kesejahteraan akan menghampiri Negara ini.


- Peranan Investor Asing Menanamkan Modalnya di Indonesia

saat ini arus dana investor asing ke bursa saham Indonesia akan terus mendongkrak Indeks Harga Saham Gabungan ke pencapaian rekor-rekor tertingginya. Namun, peran investor asing itu perlu diwaspadai seiring belum stabilnya perekonomian global.

Investasi luar negeri kini memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi bisnis. Perubahan yang sangat besar telah terjadi baik dari segi ukuran, cakupan, dan metode Investasi asing dalam dekade terakhir. Perubahan-perubahan ini terjadi karena perkembangan teknologi, pengurangan pembatasan bagi investasi asing dan akuisisi di banyak negara, serta deregulasi dan privatisasi di berbagai industri. Berkembangnya sistem teknologi informasi serta komunikasi global yang makin murah memungkinkan manajemen investasi asing dilakukan dengan jauh lebih mudah.


- Dampak Positif

Pemerintah memberi perhatiaan pada investasi luar negeri karena aliran investasi yang masuk dan keluar dari negara mereka bisa mempunyai akibat yang signifikan. Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran.

investasi asing mendorong pembangunan karena-bagi negara tuan rumah atau perusahaan lokal yang menerima investasi itu akan menjadi sumber tumbuhnya teknologi, proses, produk sistem organisasi, dan ketrampilan manajemen yang baru. Lebih lanjut, investasi asing juga akan membuka pasar dan jalur pemasaran yang baru bagi perusahaan, fasilitas produksi yang lebih murah dan akses pada teknologi, produk, ketrampilan, dan pendanaan yang baru.

Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran.


- Dampak Negatif

Investor asing juga memberikan dampak negatif bagi perkembangan negara Indonesia, terlalu memberikan kebebasan dan kontrol yang terlalu luas dalam mengatur, mengendalikan, dan mengembangkan  segala sesuatunya. Terlalu berkuasanya Investor asing inilah yang memberikan dampak negatif. Menguras potensi sumber daya yang ada terutama dalam pengelolaan sumber daya alam. Investor lokal selalu kalah dalam persaingan mengembangkan potensi yang ada di Indonesia

Di sinilah perlunya peran investor lokal sebagai penyeimbang kekuatan investor asing. Pasar modal Indonesia perlu didukung oleh basis investor lokal yang kuat sehingga, ketika investor asing keluar, investor lokal tetap bisa mengimbanginya. Kalaupun investor lokal masih mengikuti pola transaksi yang dilakukan oleh investor asing, hendaknya tidak terlalu berlebihan, apalagi sampai mendewakannya.


- Langkah-langkah Agar Investor Asing Mau Menanamkan Modalnya di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan memiliki begitu banyak kelebihan dan keuntungan domestik yang dapat menjadi daya tarik bagi investor asing, mulai dari sumber daya alam yang melimpah yang dapat menjadi sumber bahan baku bagi perusahaan-perusahaan besar, selain itu Indonesia memiliki luas geografis dengan beraneka ragam budaya Indonesia sama seperti konsumen pun memilikitipikal yang berbeda dengan kebutuhan yang beraneka ragam , sehingga berbagai produk yang berbeda dapat dapat dipasarkan diberbagai daerah di Indonesia yang sebagian besar dalam usia produktif, akan menghasilkan tenaga kerja yang ulet, inovatif, dan kreatif, pemuda  terdidik di Indonesia yang minimal brtitel sarjana sangatlah besar, hingga menjadi modal untuk meningkatkan daya saing dengan pemuda di negara asing.

Jalan yang harus dilakukan pemerintah agar Investor asing mau masuk untuk menanamkan modalnya adalah dengan menggambarkan jelas potensi yang ada di Indonesia baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya.



Sumber :


Penegakan Hukum Progresif

 Oleh Satjipto Rahardjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar